Air Panas Desa Tiris

Jawa Timur adalah provinsi yang memiliki wisata alam yang menakjubkan. Seperti halnya yang terdapat di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di desa Tiris. Selain terdapat sebuah danau bernama ranu Segaran, tak jauh dari lokasi ini juga terdapat lokasi pemandian air panas Tiris. Konon, panas yang dihasilkan merupakan satu muara dengan aktivitas gunung Bromo yang terletak di antara wilayah Probolinggo, Pasuruan dan Malang. Pemandian air panas ini terletak di kecamatan Tiris dan dapat di akses dari dua jalur,yaitu bisa melewati desa Segaran atau melewati Ranuagung.

 

Kalau kita dari pintu masuk utama (kalau belok kanan ke arah Ranu Segaran), maka kita harus ambil jalan yang lurus sampai akhirnya kita nanti bertemu dengan tempat parkir sepeda motor atau mobil. Dari tempat parkir ini, untuk menuju lokasi wisata kita harus menuruni jalan yang cukup curam menuju ke sungai. Letak Air Panas Tiris ini tepat di tepi sungai. Tidak perlu risau kehabisan perbekalan dan makanan saat di lokasi sumber air panas ini. Di lokasi ini ada satu warung, dua kamar ganti, dan ‘bruga’ untuk tempat bersantai. Tentu saja, keunikannya tetap menjaga kesan natural pemandian ini.

 

Garis berwarna biru adalah garis perkiraan patahan. Patahan yang dapat mengindikasikan timbulnya manifestasi panas bumi di 6 titik yang ada pada gambar. Titik-titik lokasi manifestasi berada pada satu kemelurusan yang dapat mendukung adanya patahan. Makadari itu TIRIS adalah salah satu incaran atau refrensi sebagai daerah pengembangan PLTP (pembangkit listrik tenaga panas bumi) di Jawa Timur.

 

Potensi lain wisata air panas ini, dipercaya masyarakat dapat sebagai terapi pengobatan beberapa penyakit kulit, seperti gatal-gatal,panu dan berbagai macam lainnya. Jadi tak ada salahnya, berwisata dan berobat di kawasan pemandian air panas TIris.