Home outbound training Mengapa Rafting di Songa | Arung Jeram Pekalen Probolinggo
formats

Mengapa Rafting di Songa | Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Rafting Songa di Sungai Pekalen sangat mengasyikkan lho…

Sudah pernah berarung jeram? Bila Anda belum pernah mencoba untuk Rafting di Pekalen Probolinggo, tentu tidak akan mendapatkan kisah sebuah perjalanan yang menyenangkan. Dan juga tidak akan mendapatkan besarnya manfaat dari kegiatan tersebut untuk mengembangkan potensi diri. Menyusuri arus deras kebanyakan orang menganggap suatu kegiatan yang berpotensi bahaya. Tidak salah tetapi juga tidak benar, karena rafting bukan olahraga yang membahayakan.

Rafting atau Arung Jeram di Songa Rafting
Rafting atau Arung Jeram adalah salah satu bentuk kegiatan di alam terbuka. Dalam melakukan kegiatan ini, air dan perahu karet digunakan sebagai medianya. Kegiatan ini dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok. Untuk kegiatan perorangan perahu yang digunakan adalah perahu kayak atau canoe, sedangkan untuk kegiatan yang berkelompok, menggunakan perahu karet jenis oval kapasitas 4,5,6 sd 12 orang. Sedangkan untuk sungai sendiri ada tingkat kesulitan atau grade dimana skalanya 1 s/d 6. skala 1 s/d 3 layak digunakan untuk wisata, sedangkan skala 4 s/d 6 untuk kegiatan petualangan.

Jeram di Songa Rafting
Dalam melakukan kegiatan rafting kita akan menemui jeram. Jeram adalah suatu daerah disungai, dimana arus yang dilalui deras. Arus yang deras ini terbentuk akibat adanya perbedaan ketinggian sungai dan adanya batu-batuan.

Rafting Songa atau Arung jeram di Pekalen selain sebagai olahraga yang akan memberikan manfaat kesehatan secara fisik ternyata juga mampu meningkatkan mental seseorang. Bahkan manfaat secara mental jauh lebih besar dari manfaat kesehatan fisik. Dengan berarung jeram, kita seperti di ajak melupakan rutinitas yang membosankan.

Dalam tinjauan psikologi, meluangkan waktu dari sesuatu yang monoton walau sedikit bisa menyegarkan kembali pikiran kita. Sehingga kita bisa membunuh tekanan kerja yang sehari – hari memacu kita untuk terus menampilkan performance terbaik kita.

Kondisi alam yang menenangkan saat pengarungan, akan membuat kita berpikir jika dunia ini sangat indah, dan penuh kedamaian. Hidup tidak selayaknya hanya mengejar materi, tapi juga menikmati keindahan yang di tawarkan oleh Sang Pencipta melalui karya – Nya yang luar biasa. Melalui arung jeram, akan terungkap sisi dunia yang tersembunyi dan cantik. Temukan momen ini di Rafting Songa di Pekalen.

Juga, saat arus sungai menghadang sepanjang pengarungan, membuat kita harus selalu waspada menghadapi segala kemungkinan. Arungilah saja, tanpa rasa takut. Tumbuhkan sikap berani dalam bertindak. Tentunya juga memperhatikan momen yang tepat. Saat seseorang berarung jeram, sebenarnya olahraga ini sedang membuka pintu semua potensi yang melekat pada diri manusia.

Arung jeram merupakan kegiatan kelompok bukan kerja individu. Saat berarung jeram nanti Anda akan dituntut memiliki kesadaran untuk bekerjasama dengan orang lain. Saling percaya jika semua ikut terlibat, bukan karena kemampuan seseorang yang menonjol.

Kegembiraan psikis tidak berakhir ketika perjalanan sudah selesai. Studi telah membuktikan bahwa berpikir atau berbicara tentang peristiwa dari suatu kegiatan petualangan seperti arung jeram sungai menciptakan efek yang sama seperti melakukan kegiatan itu sendiri. Dengan kata lain, setelah perjalanan berakhir dan ‘kehidupan nyata’ mulai lagi, pikiran tentang wisata akhir pekan yang menyenangkan akan terus membawa manfaat menghilangkan stres yang sama seperti yang terjadi ketika Anda sedang berada di sana.

Setiap mengenang sesuatu perjalanan yang pernah kita lakukan sebelumnya dengan membicarakan secara menggebu – gebu ke teman kerja, keluarga, maupun orang yang baru kita kenal, justru akan meningkatkan kesehatan psikologis seseorang dalam waktu yang lama. maka, cobalah berarung jeram sekarang juga untuk mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan nantinya akan Anda kenang. Percayalah…

Mengapa Rafting di Songa Pekalen?

Kelebihan Rafting di Sungai Pekalen
• Sungai Pekalen terletak di Kabupaten Probolinggo.
• Sungai ini memiliki tipe permanen sehingga dapat diarungi sepanjang tahun.
• Jumlah Jeram : :
1. Sungai Pekalen Bawah : ± 30
2. Sungai Pekalen Atas : ± 50
• Waktu Tempuh :
1. Sungai Pekalen Bawah : ± 2 Jam
2. Sungai Pekalen Atas : ± 3 Jam
• Jarak Tempuh :
1. Sungai Pekalen Bawah : ± 10 Km
2. Sungai Pekalen Atas : ± 13 Km
• Start dan Finish :
1. Sungai Pekalen Bawah : Start (Desa Pesawahan) Finish (Desa Condong)
2. Sungai Pekalen Atas : Start (Desa Ranu Gedang) Finish (Desa Pesawahan)

Base Camp Songa
Songa adalah satu-satunya operator yang beroperasi mulai Pekalen Atas sampai dengan Pekalen Bawah dan memiliki dua Base Camp. Adapun letak Base Camp Songa, yaitu :
• Sungai Pekalen Bawah terletak difinish point yaitu Desa Condong.
• Sungai Pekalen Atas letaknya di Desa Pasawahan.
Base camp merupakan sentral kegiatan dari Songa rafting , dimana disini tamu akan menitipkan mobil, barang-barang berharga, pembagian kelompok maupun makan siang setelah rafting.

Prosedur Kegiatan
1. Peserta datang, menitipkan kendaraan di Base Camp Songa
2. Peserta mendapatkan Welcome Drink
3. Peserta menitipkan barang berharga dan pakaian ganti di locker yang telah disediakan, atau dapat diletakkan di mobil masing-masing.
4. Pembagian kelompok dan perkenalan guide
5. Pada waktu pengarungan setiap perahu akan didampingi oleh seorang Guide yang bertugas untuk mengemudikan perahu dan memberi aba-aba, didepan perahu peserta ada perahu rescue yang bertugas untuk membuka jalan dan bertindak sebagai rescue atau menyelamatkan penumpang yang terjatuh.
6. Peserta diantar ke start point memakai mobil pick up
7. Peserta diberi pelajaran cara mendayung dan aba-abanya (Safety talk)
8. Pengarungan Etape I
9. Istirahat di rest area untuk minum dan makan snack
10. Pengarungan Etape II
11. Finish, lalu jalan kaki sekitar 50 M menuju base camp Songa Bawah, sedangkan untuk Songa Atas, setelah finish kita akan naik mobil pick up untuk kembali ke Base Camp Atas.
12. Di Base camp kita mandi dan makan siang.

Yang Harus Dipersiapkan
1. Memakai pakaian yang nyaman untuk bergerak dan bukan dari bahan jeans, sebab bahan jeans akan menjadi dingin dan berat jika terkena air.
2. Membawa pakaian ganti
3. Sun Block
4. Alas Kaki (sepatu olah raga atau sandal)
5. Tidak membawa perhiasan atau uang di pengarungan (dapat dititipkan di locker)
6. Untuk yang memakai kacamata, selama masih bisa melihat tanpa bantuan kacamata, sebaiknya kacamata itu dilepas, tetapi apabila tidak dapat melihat tanpa kacamata, maka nanti anda dapat meminta pada guide untuk mengikat kacamata anda dengan karet yang telah disediakan.

Rafting di mulai pukul 09.00 pagi (trip 1) dan pukul 13.00 (trip 2). 30 menit sebelum dimulainya perjalanan, para peserta harus standby di basecamp. Bila Anda menginap di Kampoeng Kita, menuju basecamp Songa atas di desa Pesawahan sekitar 12 Km dari penginapan, sepanjang perjalalanan kita bisa menikmati pemandangan di bawah lereng Gunung lamongan, setelah mencapai Base camp atas, para peserta diberi instruksi mengenai rafting, termasuk cara memakai pelampung dan mendayung.setelah itu kita menuju lokasi dengan menggunakan kendaran bak terbuka menuju lokasi sungai, setalah itu kita berjalan kaki sekitar 600 m, menuju tepi sungai Pekalen.

© Rafting Songa- Pekalen Rafting | Outbound Training - Airsoft Gun - Paint Ball